Kamis, DPD I PARTAI GOLKAR PROVINSI RIAU
Kamis 13 December 2018
DPD I Partai Golkar

Provinsi Riau

Ke atas
Ke atas

Di Tangan Arsyadjuliandi Rachman, Apa Saja Prestasi SKPD Riau Sepanjang 2016?

27 Dec 2016
Goriau

Gubernur Riau, Ir H Arsyadjuliandi Rachman sempat menghadapi keterbatasan wewenang dalam menjalankan roda pemerintahan saat menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubri sebelum akhirnya ia dilantik menjadi Gubernur Riau Definitif oleh Presiden RI Joko Widodo pada 25 Mei 2016 lalu.

Akan tetapi, Andi Rachman -sapaan akrab Gubernur Riau- yang baru tujuh bulan dilantik menjadi Gubernur Riau Definitif itu tak patah semangat dalam memimpin Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) nya untuk terus bekerja dan memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat.

 Lalu, apa saja prestasi yang pernah diterima SKPD di Riau selama dipimpin oleh Andi Rachman sepanjang tahun 2016 ini?

Berdasarkan data prestasi SKPD Riau yang berhasil dihimpun GoRiau.com, diantaranya, ada prestasi Dinas Perhubungan yang mendapatkan Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) 2016, Biro Pembangunan mendapatkan LKPP Award untuk Inovasi Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) tahun 2016 dan Penerapan standar layanan PBJ, ditambah lagi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPPD) berhasil menjadi nominator perencanaan terbaik Pangripta Nusantara tahun 2016.

Selanjutnya, BKP2D Riau tak mau kalah berhasil mendapatkan peringkat ke-3 nasional BKN Award kategori Implementasi Assesment atas Assesment Center Provinsi Riau (Pelaksanaan Uji Kompetensi terhadap ASN), BPBD mendapat penghargaan pengelolaan terbaik se-Indonesia untuk pengelola data bencana dan Pusdalops Tahun 2016.

Lalu, Badan Lingkungan Hidup menerima penghargaan Kalpataru 2016 dan penghargaan Setya Lestari Bumi tahun 2014, 2015, 2016 (masing-masing dua piala). BLH pun sekaligus menerima penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2015 dan 2016 dan berhasil mendorong sekolah di Riau mendapatkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2016 sebanyak 36 sekolah.

Kemudian, RSJ Tampan membuktikan prestasinya dengan lulus akreditasi rumah sakit Tipe A Versi 2012 tahun 2014-2016 (lulus tingkat Paripurna Bintang Lima tanggal 2 Agustus 2016 sampai dengan 1 Agustus 2019), dan RSUD Petala Bumi yang berhasil lulus akreditasi RS Tingkat Perdana oleh KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) tanggal 11 Juni 2016.

Tak cuma itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan pun menambah catatan prestasi SKPD Pemprov Riau dengan mendapatkan predikat kepatuhan standar pelayanan publik dari Ombudsman RI untuk produk layanan sertifikasi hasil pengujian dan tera tahun 2016.

Sementara, Inspektorat beruntung mendapat peningkatan nilai atas penyampaian Laporan Kinerja (LAKIP) Pemprov Riau dari nilai C menjadi CC (Cukup Memadai) Tahun 2014-2016.

Dan yang paling hangat ialah penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP dan PA) yang diterima pertama kalinya oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Riau.

Gubernur Riau Ajak SKPD Bergotong-royong Membangun Riau -

Melihat sederet prestasi telah berhasil ditorehkan masing-masing SKPD, orang nomor satu di Riau itu pun mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar tak cepat berpuas diri. Melainkan, menjadikan penghargaan-penghargaan yang telah diterima sebelumnya sebagai cambuk untuk terus meningkatkan kualitas diri dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat.

"Berkat kerja sama semua pihak, Riau bisa menggapai apa yang dicita-citakannya. Kuncinya harus saling menjaga utuh rasa kekeluargaan dalam membangun Riau," kata pria yang sekaligus menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Riau ini kepada GoRiau.com di rumah dinasnya, Jalan Sisingamangaraja Pekanbaru, Jumat (23/12/2016) siang.

Berkat rasa kekeluargaan itu juga, kata Andi, seluruh elemen masyarakat, pemerintah dan satuan tugas (Satgas) kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) berhasil menggagalkan ulang tahun asap ke-18 tahun. Selain mendapat pujian dari pemerintah pusat, keberhasilan Riau menanggulangi dan mencegah terulangnya bencana asap itu pun mendapat apresiasi dari dunia. Bahkan, Danrem 031 Wirabima Brigjen Nurendi selaku Dansatgas karlahut sempat diundang ke Maroko untuk menjadi pembicara soal penanganan karlahut di Riau.

"Berkat semuanya dari kepedulian masyarakat, pemerintah dan satgas karlahut, maka bencana asap tidak terulang. Semangat gotong royong dan kekeluargaan untuk sama-sama menjaga Riau, itu yang penting," tutupnya.

Sumber

0 Komentar

Berita Terbaru Lainnya